Hai......

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Senin, 06 Oktober 2008

Ringan tangan

Melihat kurikulum SMK sekarang, maka dah bisa dipastikan, wow tanggung jawab belajar siswa SMK tuh berat banget. Bukannya dulunya nggak berat, tapi sekarang khan SMK lagi ngetrend alias bukan lagi sekolah pilihan kedua. Nah sebagai wujud rasa tanggung jawab itu siswa dituntut giat belajar didukung sarana dan prasarana yang memadai. salah satunya adalah memiliki buku dan modul mengingat sistem belajarnya modular. tapi kenyataan dilapangan susah menemukan siswa yang memiliki modul yang lengkap gitu. alasannya klasik aja gak ada biaya buat beli. bahkan masih bisa ditemui siswa yang RINGAN TANGAN artinya sekolah gak bawa apa-apa maksimal bawa satu buku tulis dan satu ballpoint itupun juga dari pinjam teman. kalo siswa SMK terus RINGAN TANGAN yah kapan bisa majunya. emang perlu penyadaran bahwa buku itu sumber ilmu pengetahuan jadi ya penting banget.

32 komentar:

  1. kalo aku sih oke-oke aja punya modul, tapi gurunya juga yang profesional dong pak

    BalasHapus
  2. Keke yang baik, so pasti guru harus profesional, justru wujud profesionalitas adalah menerapkan modular itu bukannya pake sistem pembelajaran CBSA (catat buku sampai abis)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. orang yg suka membantu orang jk btuh bantuan atau tidak krn bantuan itu bisa tambah pahala kita gt dech

    BalasHapus
  5. pelajaran yg brharga bagi kita untuk saling menolong

    BalasHapus
  6. emang bener pak ,tahun pelajaran ini ngga bisa buat main-main karena waktunya sangat singkat dan belajar yang paling penting ,dan kunci suksesnya ujian .

    Himawan S. 3L

    BalasHapus
  7. orang yg suka bantu orang kesusahan or tidak tanpa menghrapkan suatu imbalan apapun

    BalasHapus
  8. orang susah memang perlu di bantu klo gk di bantu ntar bukan orang dermawan

    BalasHapus
  9. sadar akan membantu ssatu sama lain

    BalasHapus
  10. emang bener pak...thn ini kan UNASnya diajukan....so bdya ringan tngan hrs kita tinggalkan....and kita hrs bljar lebih giat lagi n selalu optimis utk mncapai tujuan...

    BalasHapus
  11. sbnrnya saya sngt prihatin melihat itu...sy mrupakan slh 1 orang yg mndukung prbahan(positif)saya ingin lu2san smk brwa2san luas n mmpu berkompetisi n selalu optimis...so saya berharap bdya ringan tangan mari kita tinggalkan...dan berubah demi kita semua cayoooo

    BalasHapus
  12. sbnrnya saya sngt prihatin melihat itu...sy mrupakan slh 1 orang yg mndukung prbahan(positif)saya ingin lu2san smk brwa2san luas n mmpu berkompetisi n selalu optimis...so saya berharap bdya ringan tangan mari kita tinggalkan...dan berubah demi kita semua cayoooo YOGIK W. 3L

    BalasHapus
  13. andaikan emang ada yang bantu modul gratis, betapa bahagianya aku

    BalasHapus
  14. pusing-pusing au ah gelap

    BalasHapus
  15. klo saya itu sah2 aj maklum kan smk pelajarannya sedikit jadi modul itu hanya sebagai penunjang saja....

    BalasHapus
  16. klo saya itu sah2 aj maklum kan smk pelajarannya sedikit jadi modul itu hanya sebagai penunjang saja....

    BalasHapus
  17. sbnrnya saya juga gak setuju pak tapi itu tergantung niat siswa itu sendiri,dia ingin skul atau maen....

    BalasHapus
  18. saya sbgai siswa yg baik tdk setuju...krn itu mnyangkut nilai kedisiplinan bila bnyak siswa sprti itu kpn pendi2kan di Indonesia bisa maju..

    BalasHapus
  19. saya tdk setuju pak..kita sebagai siswa yang baik harus mematuhi peraturan yg ada dskolah...

    BalasHapus
  20. benar pak klo belajar d buat maen" pasti nggak akan suksesnya,, terlebih klo brangkat skolah cuma bawa 1atau2 buku,,,,,,

    BalasHapus
  21. hello pak elia..
    saya ingin banget pny wa2san yg luas tentg kmpter n dunia internet.apkahh pak elia mw bntuin saya?

    BalasHapus
  22. kalau saya setuju aja tapi harga modul harusnya juga merakyat Gitu Lho Pak............

    BalasHapus
  23. klu saya setuju aja asal buku modulnya murah Gitu Lho

    BalasHapus
  24. Bbuat Adit gak masalah tuh, khan emang harus mau saling membantu/menolong.
    buat yg lain, klo modul sih jangan cuman berharap yang murah, tapi yang gratis gitu lho, sapa tau ada orang trus mau bantuin kita-kita semua. oya klo nyoba searching "modul smk gratis" bisa nemu gak ya?

    BalasHapus
  25. kalau saya gak setuju banget soale buku sekarang mahal Pak ya kalau boleh ingin les ke Pak Elia biar lebih jeli main komputernya

    BalasHapus
  26. saya setuju bila diterbitkan buku panduan tentang praktek,sperti halnya praktek komputer yang lengkap n saya juga mau kalau les ke bapak OK PAK

    BalasHapus
  27. kalau saya setuju aja asal buku n gurunya juga memadai untuk mengajar apa yang ada dalam buku

    BalasHapus
  28. hallo brooo.. numpang lewat ni... nanti kalo siswanya ringan tangan malah suka mukul..he..he.. tp yang pasti sekarang memang lagi susah jadi jangankan beli modul ada uang buat bayar bpp aja udah syukur alhamdullillah, tp bagaimapun kalo mau maju dan mampu berkompetensi harus punya sarana dan prasarana yang memadai, salah satunnya ya modul itu....

    BalasHapus
  29. bingung harus comment gimana ni pak,sebagai salah satu alumni gamaliel...
    mungkin para guru harus lebih bisa menyampaikan materi secara lebih menarik kepada anak didiknya,atau bisa dibilang metode pembelajaran disekolah sedikit dirubah.
    CARA PENYAMPAIAN KE SISWA YANG PERLU DIRUBAH...
    JANGAN HANYA MENYALAHKAN MODUL PEMBELAJARAN DAN SISWA SAJA..
    Kenapa saya berfikir demikian?Dulu Saya DKK dalam 1 semester hanya beberapa kali mengikuti salah satu mata pelajaran,itu karena gurunya tidak bisa menyampaikan materi pelajarannya secara tepat.Sehinnga saya tinngalkan saja mata pelajaran itu.

    BalasHapus
  30. hallo lagi nii...boss ganti dong infonya masak sih... yang ini teru beritannya.. capek.. dehh...

    BalasHapus
  31. lekk..., numpang salam kenal wae soko putra ne ingkang mbahu rekso neng gamaliel....:)

    BalasHapus